[Album & MV Review | B.A.P – Noir ]

bap-1

Setelah penantian yang cukup lama semenjak dirilisnya single terakhir mereka yang berjudul Put ‘em Up, B.A.P akhirnya merilis album ke dua mereka yang bertajuk Noir. Di album ini, Bang Yong Guk kembali ikut serta dalam pembuatan album dan bedanya, di album ini Zelo juga turut berperan dalam lagu 주소서 (PRAY) dan pada lagu I Guess I Need You. Lagu solo dan diproduseri sendiri oleh Jongup, Now, yang ditampilkan di world tour mereka juga dimasukkan pada album ini.

So, let me explain my opinion about the whole album

LE NOIR

Permainan piano dan sentuhan jazznya benar benar membuat kita lupa kalau lagu ini ada di album boygroup yang pernah buat MV sekeren dan segahar One Shoot. Lagunya memang memberikan kesan classy seolah kita lagi ada di lounge sebuah hotel mewah. Suara berat Yongguk juga cocok banget dijadikan ‘efek kejutan’ di lagu ini. Sayangnya siapa yang kebagian peran sebagai vokal masih jadi misteri dan gue sendiri bisa memastikan kalau itu bukan suara Daehyun (banyak yang nebak suara Jongup). Classy dan gentleman feelsnya cocok banget dengan konsep album secara keseluruhan

SKYDIVE

Gak heran kenapa lagu ini yang dipilih sebagai lagu titel dari album NOIR. Dari awal lagu, rock feelsnya benar benar intens karena suara Himchan yang cukup berat digunakan sebagai pembuka lagu, belum lagi suara Youngjae yang di nada tinggi benar benar terdengar ngerock. Ditambah ada efek gitar elektrik dan synthetizer yang sangat luar biasa keren di bagian yang mengiringi rapnya Yongguk maupun Zelo. Dan finally suara Himchan benar benar cocok dengan lagu yang dirilis oleh B.A.P (terbukti lewat lagu ini). Memang kalau pertama dengar, lagunya agak aneh karena musik latar dan efeknya terlalu ‘berat’ gak seimbang dengan temponya yang sebenernya sedang. Bagian favorit gue adalah efek synthetizer yang ada di reff dan partnya Zelo.

Gue pribadi menilai Skydive sekilas mirip dengan Excuse Me karena musik latar dan efeknya sama sama intens.

Untuk MV, gue cuman bisa bilang, EPIC! Kalau di One Shot ada dua ending (ending pertama Youngjae dibunuh tepat pas mereka bayar tebusan dan ending keduanya Youngjae ternyata laporin B.A.P ke polisi), di Skydive ini endingnya cuman satu JONGUP SI PENGKHIANAT MORON PECINTA DUIT tetep hidup, sedangkan member B.A.P yang lain mati (my poor baby Zelo iler berdarah). Kesan dark di Skydive juga gak main main, beda sama One Shot yang agak main aman (disitu Zelo masih anak di bawah umur soalnya), bener bener tembak sana sini. Asli gue gak bisa komentarin seberapa bagusnya ide MV ini termasuk Jongup yang mendadak tattoo an dan cengar cengir jahat ala joker –-‘. Tapi tetep yaa semacam ada ketersambungan konsep antara One Shot dengan Sky Dive karena disini member B.A.P berperan sebagai gankster yang cinta duit XD.

RIBBON IN THE SKY

Digadang gadang sebagai lagu yang tampil beda dengan lagu Kpop kebanyakan, lagu Ribbon in The Sky ini memiliki pesan mengenai sistem di masyarakat yang irasional. Lagu dengan tipe mengkritik sistem masyarakat ini sebenarnya udah pernah diusung B.A.P di lagu Bad Man, tapi lagu ini tampil beda dengan Bad Man karena banyak alat musik senar yang berperan di musik latar. Dipadu dengan efek suara tepuk tangan dan ritme drum yang sederhana, membuat lagu ini terdengar powerfull. Bagian favorit gue di lagu ini ada di part heavy flow rapnya Yongguk (gue selalu suka dengan part Yongguk di lagu lagu yang begini, haha). Rapnya Zelo juga gak kalah keren, karena dia jadi punya semacem ciri khusus di part rapnya (meskipun suaranya udah gak sama dibanding jaman awal debut). Nilai plus lagu ini ada nada tinggi Daehyun yang cukup bikin kuping kaget kalo misalnya didengerin pakek volume full XD.

bap-2

Listen (streaming) via : K2nblog Userscloud

KILLER

Dengan feel electropop dan efek guitar yang ada pada musik latar, secara keseluruhan membuat lagu ini terlihat berbeda dan ‘salah masuk album’. Temponya yang secara gak sadar membuat kita kepengen joget, membuat gue langsung jatuh hati. Bagian rapnya Yongguk terasa ‘berat’ dan mungkin ingin menyeimbangkan lagu Killer yang uptobeat dengan konsep album secara keseluruhan. Apalagi di akhir lagu permainan synthetizernya cukup mencolok, membuat lagu ini cocok untuk diloop atau sekedar jamming di hectic daynya kamu.

FERMATA

Lewat lagu ini, vocal line B.A.P saling unjuk gigi memperlihatkan kemampuan bernyanyi mereka lewat lagu dengan slow tempo acoustic R&B. Disini vokal Jongup dan Himchan yang jarang diekspos pada lagu B.A.P, diekploitasi ( XD ) dan bisa melebur dengan vocal Daehyun dan Youngjae menyajikan lagu yang yang keren banget. Lewat slow tempo yang emosional, suara para vocal line B.A.P benar benar memanjakan telinga kita. Permainan instrument yang mengiringi lagu ini juga tidak terlalu intens sehingga banyak Baby yang menyarankan kalau lagu ini cocok di play sebelum tidur. Meskipun begitu gue sangat penasaran dengan versi live maupun acapela dari lagu ini karena Himchan disini terdengar benar benar menghayati lagu T T

주소서 (PRAY)

Gue pribadi benar benar gak menyarankan kalian untuk dengar lagu ini pas lagi sendirian karena intronya super creepy! Kalau kalian pernah liat movie horror barat yang ada suara nyanyian koor gitu yang pas adegan seremnya mulai, nah begitupun dengan intro lagu ini. Dan lagunya juga memang agak creepy (menceritakan tentang putus asa dan bunuh diri). Heavy flow rapnya Yongguk terasa sangat emosional dan membuat lagu ini terkesan ‘berat dan gelap’ (dan membuat Baby khawatir karena mungkin lagu ini berkaitan dengan kesehatan Yongguk yang memburuk sebelum album ini dirilis). Zelo yang biasanya berperan sebagai rap yang ngambang alias fly rap, malah ikut – ikutan berperan sebagai ground rap dan sebagai noona yang melihat tumbuh kembang Zelo, disini suara Zelo benar benar berat dan terdengar sangat emosional. Zelo benar benar berkembang pesat selama B.A.P hiatus dan kemampuan rapnya ditampilkan dengan sempurna lewat lagu ini.

I GUESS I NEED U

Dan satu lagi lagu favorit gue dari album Noir ya guys, meskipun intronya agak aneh dan gak nyambung sama melodi lagu secara keseluruhan, rapnya Zelo di awal membuat lagu terlihat seperti bukan slow R&B jam XD. Partnya vocal line yang terdengar bersahut-sahutan dengan part rapnya Zelo membuat addict untuk jamming pake lagu ini. Bagian favorit gue ada di part reff dimana Daehyun mengulang kalimat “I guess I need U” dan part rapnya Yongguk yang “wow wow wow wow” yang juga saling berseling dengan nada tinggi Daehyun – Jonguo (mirip di lagu Easy). Kemampuan vokal Daehyun juga  diekspos lewat nada tingginya yang mirip suara lumba-lumba (tapi sumpah keren banget) dan adlibnya Youngjae menambah alasan lagi buat ngeloop lagu ini

CHIQUITA

Dari sneak peek album review Noir kemaren, gue punya espektasi yang tinggi di lagu ini karena judulnya berbau Amerika latin. Meskipun pada akhirnya lagu ini sama sekali gak mengandung musik latar ala Amerika Latin, dan hanya mengusung tema pop dance biasa, lagunya tetep bikin kita addict buat joget joget ga jelas XD. Kemudian dari awal lagu, juga udah keliatan sih kalo lagu Chiquita ini sebelas dua belas sama lagu Killer yang keliatan ‘salah masuk album’ karena feel funky dan upbeatnya. Bagian favorit dari lagu ini ada di bagian pengulangan “You are my Chiquita”dan juga part rapnya Zelo – Yongguk di tengah lagu. Musik latar yang mengiringi part reff juga bikin addict dengan sentuhan synthetizer yang cukup intens.

걸어가 (WALKING)

Kalau gue boleh berpendapat, dari keseluruhan lagu di album Noir, lagu inilah yang paling terkesan kalem. Entah efek gitar akustik yang melatari lagu ini dari awal sampai akhir atau efek samping dari slow vocal dan slow rap yang ditampilkan member B.A.P. Bagian reffnya cukup bikin addict Karena dimana Daehyun menyanyikan “You~~ Oh baby You~~~”, gue suka joget joget gak jelas XD. Rapnya Yongguk – Zelo juga selow dan serasi dengan bagian vokal yang dibawain dengan nyantai. Dan meski terdengar mirip dengan melodi beberapa lagu Kpop lain, pembagian antara vokal dan rapnya membuat lagu ini enak didengerin ketika kamu jalan santai sama si dia ^^.

지금 (NOW)

Rupanya TS benar benar mendengarkan saran dari Baby, untuk segera masukin lagu self producingnya Jongup ke dalam album B.A.P. Tampil mengejutkan dengan rap, dan dance yang bikin hati noona dug dug ser XD, lagunya juga tak lupa mengekspos kemampuan vokal Jongup yang terkadang ketutup sama main vocal di B.A.P. Relaxing feels yang dibawakan lewat lagu ini tersirat dengan baik lewat alunan gitar akustik dan synthetizer yang tidak terlalu intens. Dan lewat lagu ini pula Jongup dengan sukses membuat list bias gue di B.A.P hancur lebur (oke skip). Nada tingginya juga cukup stabil dan powerfull menunjukkan ada perkembangan pesat dari Jongup selama B.A.P hiatus.

KINGDOM (Korean Vers)

Dan yes, setelah kesengsem sama versi Jepangnya, akhirnya TS buat juga versi Koreanya. Lagunya mirip Excuse Me kalau boleh jujur, dengan melodi dan konsep lagunya memang B.A.P banget. Liriknya powerful dan perpaduan gitar elektrik, instrument senar dan synthetizernya mampu membuat Kingdom berbeda dengan lagu Kpop kebanyakan. Bagian “yaiayayayayaya” juga addict banget, bikin gue swaying gak jelas XD. Bagian rapnya Yongguk juga gak terlalu berat dan masih nyambung dengan konsep lagu keseluruhan. Bagian favorit gue ada di bagian interlude dimana ada part stormy rapnya Yongguk-Zelo yang diakhiri dengan nada tinggi Daehyun. Lagu ini cocok banget didengerin pas lagi lari pagi karena bikin kamu powerfull.

Overall, album ini memang punya konsep dark dan image yang kuat lewat Skydive, Ribbon in The Sky dan Pray. Meski lagu Killer dan Chiquita terkesan salah masuk album, bukan berarti lagunya gak layak didengarkan loh. Vocal Jongup dan Himchan serta rap Zelo yang banyak peningkatan jadi nilai kunci kalau album ini layak untuk dimasukin ke playlist kamu. Dan rasanya kurang aja kalau kita gak berterimakasih  kepada Yongguk karena sudah turut andil dalam memproduseri album secara keseluruhan dan membuat lagu yang kece abis.

And I guess I need U B.A.P for cheering us through your song!!!

 

Referensi :

https://www.reddit.com/r/kpop/comments/5bj5kv/album_discussion_bap_noir/

http://aminoapps.com/page/k-pop/8457314/b-a-p-noir-2nd-album-review-congrats-b-a-p

http://k2nblog.com/album-b-a-p-noir-vol-2/

B.A.P Teaser photo from TS Entertainment

 

– Lemon Popsicle | When your life is sweet and sour, just add music to make it perfect –

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s