[ Popsicle No. 10 | Sezairi – Sezairi (Album) ]

sezairi-1

Mungkin bagi sebagian orang, termasuk gue, agak ogah kayaknya buat ngikutin acara pencarian bakat semisal Indonesian Idol ataupun X-Factor. Alasan utamanya gak lain dan gak bukan adalah suaranya gak bagus bagus amat (bagus karena mereka bisa improve lagu aslinya, jadi keliatan lebih menarik) ataupun jengah dengan model ketenaraan sesaat, dimana ketika season sebuah acara pencarian bakat ini habis, berakhir pula karir orang yang terlibat ke dalamnya.

Tapi rupanya model ketenaran sesaat yang seolah melekat dengan para pesertanya, nampaknya tidak berlaku buat jawara Singapore Idol season 3, atau lebih dikenal sebagai Sezairi Sezali.Nah, Sezairi ini terkenal dengan ciri khas jazz feelnya (mungkin mirip dengan Tompi kalau di Indonesia) dan album debutnya juga mendapatkan tanggapan yang baik di Singapura. Sempat hiatus karena menikah, akhirnya Sezairi merilis album self-titlednya yang full berbahasa Inggris, baru baru ini. Single yang dirilis terlebih dulu dari album yang berjudul “Sezairi”, Fire To The Floor, menjadi viral di situs Spotify, bahkan meraih posisi #1 di Singapura dan posisi #4 di Filipina.

Gue juga secara gak sengaja ‘menemukan’ album ini di kolom New Releasenya Spotify. Cover albumnya yang unik, membuat gue iseng coba streaming salah satu lagunya, dan akhirnya gue pun memutuskan untuk review album ini. Dimulai dari track list pertama yaitu :

For listening the whole album (streaming) : Spotify

Intro

Di bagian intro, Sezairi bernyanyi secara acapela, dan beruntungnya gue, suara Sezairi ini benar benar membuat gue ketagihan dan gak sabar ngeplay lagu berikutnya. Englishnya juga cukup jelas untuk ukuran artis Asia (yang biasanya masih dipengaruhi logat asli). Isi intro ini hanya menjelaskan seseorang yang disebut My Girl.

Terrified (feat THELIONCITYBOY)

Di awal, gue sempat bilang kalau feelnya Sezairi ini agak mirip dengan Tompi. Gue mengatakan begitu bukan tanpa alasan melainkan di lagu ini suara Sezairi memang agak terdengar mirip dengan Tompi (meskipun suara Tompi agak lebih berat). Feel jaz pada lagu ini sangat terasa dimana di awal lagu, kita sudah disuguhi oleh permainan gitar akustik, disusul permainan drum dan sax. Permainan sax di antara versi ke satu dan kedua nya juga cukup apik, dan tetap menonjolkan vokalnya Sezairi. Salah satu efek kejutan lagu ini adalah adanya part rap yang diselipkan setelah part reff ke dua, dan anehnya cocok banget dengan lagu yang bernuansa jazz ini. Lagu Terrified ini sendiri menceritakan tentang kisah pria yang jatuh cinta dengan wanita dan takut kehilangan si wanita tersebut. Lagu ini cocok didengarkan pas kamu sedang santai dan menikmati secangkir kopi!

sezairi-2

Empty

Dan selanjutnya di lagu Empty ini sukses membuat gue baper karena liriknya simple, gak bertele tele tapi bikin baper. Apalagi di lagu ini, didominasi oleh permainan gitar akustik, dan di beberapa bagian terdengar suara biola. Vokalnya Sezairi benar benar ditonjolkan dan menurut gue, dia memang layak pernah menjuarai Singapore Idol season 3, karena vocal dan penghayatannya dalam lagu ini benar benar berbanding lurus. Gue selalu baper pas Sezairi nyanyi “We’re empty” sambil endingnya agak mengayun. Lagu Empty menceritakan tentang kisah sepasang kekasih yang sedang bertengkar dan kemudian berpisah karena sama sama tidak mau saling menyakiti (tsah). Lagu ini cocok didengarkan pas malem, atau pas kamu yang lagi ngadem sehabis bertengkar, biar inget kalau yang namanya Empty ini itu gak enak! (terutama pocket yang empty XD)

It Will Be Never Mend

Permainan gitar akustik masih mendominasi di lagu “It Will Be Never Mend”. Vokal dan penghayatan Sezairi di versi awal patut diacungi jempol karena sukses membuat gue baper meskipun entah kenapa vibe lagunya agak mirip dengan lagu barat yang gue lupa judulnya XD. Di versi dua, gitar akustiknya sudah tidak mendominasi karena ada permainan drum dan gitar elektrik yang membuat lagu ini lebih ear catchy, gak semonoton pas part gitar akustik. Gue paling suka dengan part interlude, karena sesaat Sezairi jadi terlihat mirip penyanyi rock XD. Lagu ini menceritakan tentang kisah seorang pria yang masih gak bisa melupakan kekasihnya setelah berpisah. Lagu ini cocok didengarkan pas kamu galau, tapi masih pengen terlihat strong.

Better Than

Setelah dibuat baper di dua lagu sebelumnya, lagu Better Than dimulai dengan ritme bass dan drum yang cukup membuat kita goyang goyang. Kesan jazznya masih sangat terasa ditambah ada permainan piano yang samar samar (agak kalah dengan suara bass dan ritme drum). Bagian favorit gue di lagu ini adalah ketika Sezairi ber-dubadibupab dan diakhiri tiupan sax. Musik pengiringnya benar benar bikin nagih karena melodi dan ritmenya seolah dibuat untuk menonjolkan vokal dari Sezairi. Apalagi di akhir lagu, permainan terompetnya cukup menggoda, dimainkan ala stop and play, dan berselingan dengan drum. Lagu ini menceritakan tentang kisah pria yang sedang flirting dengan gebetannya. Lagu ini cocok didengarkan pas kamu lagi me-time, atau baca novel karena ritmenya yang santai tapi tetap ear catchy.

Fire To The Floor

Kalau boleh jujur, lagu ini feelnya agak mirip dengan lagu SHINee, 1 of 1, karena lagunya mirip dengan lagu pop tahun 90an atau retro vibe. Banyak musik khas synthetizer yang memainkan peran di lagu ini dan temponya juga cukup cepat membuat gue gak sadar joget joget sendiri, meskipun baru pertama kali denger. Bagian favorit gue adalah pas Sezairi nyanyi “Floor-floor-floor” karena sukses membuat gue jingkrak jingkrak gak jelas tiap bagian reff. Musik dan vokal Sezairi juga pas, tidak overlap satu sama lain, membuat lagu ini bikin ketagihan untuk di loop. Pengucapan dan artikulasi Sezairi di lagu ini sangat jelas, berbeda dengan lagu sebelumnya, dimana gue agak kesulitan mendengarkan beberapa kata. Lagunya menceritakan tentang kisah pria yang flirting dan perasaan si cowo ini bagaikan lantai dansa sebuah klab. Lagu ini cocok didengarkan di pagi hari ketika kamu memulai hari kamu, temponya bakalan bikin mood kamu naik seolah ada api di lantai!

Overall, semua lagu yang ada di album ini memang menonjolkan kemampuan vokal Sezairi dan meski kesan jazz melekat kuat pada Sezairi, tapi lewat lagu Fire To The Floor, Sezairi dapat membuktikan kalau dia juga bisa bernyanyi di lagu yang bertempo cepat. So, kalau kamu bilang Sezairi masih gak layak di’labeli’ sebagai salah satu penyanyi terbaik di Singapura, you just gotta tell me why why why!

 

Referensi :

http://www.baturajaradio.com/2016/10/fire-to-floor-single-terbaru-sezairi.html

https://www.musixmatch.com/lyrics/Soulvibe/Fire-to-The-Floor

https://www.musixmatch.com/lyrics/Sezairi/Empty

http://www.shazam.com/track/319855344/fire-to-the-floor

 

– Lemon Popsicle | when your life is sweet and sour, just add music to make it perfect –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s