[ Popsicle No. 8 | Far East Movement X Marshmello feat Chanyeol & Tinashe – Freal Luv ]

fem-1

Link untuk streaming lagu via Spotify : Far East Movement X Marshmello feat Chanyeol & Tinashe – Freal Luv
Dirilis lebih dulu dari album yang bertajuk “Identity”, single “Freal Luv” sukses mencuri perhatian publik. Ya gimana gak mencuri perhatian publik, grup hiphop sekelas Far East Movement berkolaborasi dengan main rapper boy group paling fenomenal di Korea Selatan a.k.a EXO Chanyeol. Meski SM Entertainment resmi mengumumkan perihal kolaborasi ini ke media Korea bulan September lalu, gak membuat gue serta merta exited XD. Malah gue agak sangsi kalau Chanyeol agak ‘kebanting’ di sini. Cuman berhubung gue memegang prinsip “dengerin lagunya secara utuh, teliti baik baik partnya Chanyeol, baru deh bisa komen” , akhirnya mau gak mau jadi tetep punya ekspektasi yang cukup tinggi untuk lagu ini.

Gue suka dengan lagu lagu dan konsep yang diusung Far East Movement, karena berbau EDM, jadinya tiap dengerin lagu mereka gue pasti joget joget gak jelas XD. Apalagi lagu mereka yang paling fenomenal “Like a G6” itu pasti diputer di kompetisi kompetisi dance atau bahkan di klub klub, karena emang enak banget dipake jadi musik pengiring kita ngedance.

Di album “Identity” yang bakal rilis di 21 Oktober mendatang, Far East Movement, gak cuman kolaborasi dengan Chanyeol, tapi juga artis Korea Selatan lainnya seperti Girls Generation Tiffany, Yoon Mirae, Loco, Jay Park, Urban Zakapa, dan Sistar Hyolyn. Tidak mengherankan karena di album ini, Far East Movement memang memiliki konsep menggabungkan artis artis dari Timur (kawasan Asia) dan Barat (Amerika). Dan di lagu “Freal Luv”, Far East Movement dengan DJ Marshmello, berkolaborasi dengan artis pop California Tinashe dan Chanyeol.

Dari intro, suaranya Tinashe sudah gue ramalkan akan mendominasi lagu sampai akhir, karena sumpah suaranya memang cocok dipasangkan dengan tipikal musik EDM yang variasi melodinya tidak begitu beragam, jadi memang lebih difokuskan pada suara Tinashe. Bagian favorit dari partnya Tinashe adalah cara dia menyanyikan “I’d give it all up for you, I swear” Di bagian di I Swear, entah kenapa agak mengayun gitu, jadi kedengeran seksi aja XD.

Part berikutnya adalah partnya Far East Movement. Gue pikir di part ini, mereka bakal tampil agak sangar dengan stormy rap, demi mengimbangi Tinashe, tapi nyatanya mereka rap gak sesangar yang gue bayangkan, malah cukup pelan, sampai gue bisa ikut ngerap bareng (cie). Dan memang tanpa stormy rap, lagunya tetep terkesan slow, meski beatnya sebenernya gak sepelan dari yang kita bayangkan.

Dan kalo boleh jujur, pertama kali gue denger lagu ini, gue sama sekali gak bisa nemu suara Chanyeol XD, setelah gue loop beberapa kali (dibantu dengan nyari color coded lyric), ternyata part Chanyeol ada di akhir lagu, yaitu di menit 2:26. Dan begitu gue nemu suara Chanyeol, tab yang berisi color coded lyrics gue close, dan rap Chanyeol seolah tanpa cacat ngalir gitu aja sampe gue menyadari ada yang janggal sebenernya dari rap Chanyeol.

Partnya Chanyeol :
Love is a high, we feelin’ alive
You lovin’ the size, 이 흐름을 타
I give you more, you feelin’ the flow
You never let none of them bring down the vibe
Hustle to win, we be livin’ in sin
Makin’ us two of a kind
새로운 길, babe we got temples to build
Ain’t no haters can step to our grind
We got that empire mind
함께 천천히 올라, (That be freal)
진실이 닿는 순간
느껴봐 눈을 감아, (That be freal)
You be the bank on my side, nothing but dimes
Let’s make a deal
서서히 필, 꿈과 현실
내 손을 잡으면, together freal

fem-2
Jadi, gue ngira Chanyeol full ngerap pake English, ternyata setelah gue loop lagunya dengan volume paling maksimal di earphone gue dan dibantu color coded lyrics lagi, gue baru bener bener ngeuh Chanyeol ngomong bahasa korea di bagian yang warna font nya emas dan digaris bawah. XD

Agak memalukan memang, mengingat gue sangat suka mumbling dan babbling pake bahasa Korea kok bisa bisanya gak ngeuh Chanyeol ngomong Korea. Tapi berhubung Chanyeol ngerap dengan tempo agak cepat di bagian kata kata berbahasa Korea, gak heran gue malah gak sadar. Dan gue bukan satu-satunya orang yang telat menyadari kalau Chanyeol juga ngerap pake bahasa Korea, ada juga beberapa netizen juga berpikiran sama XD. Yang jelas dengan kita gak ngenotice Chanyeol ngomong Korea, that’s mean kemampuan rapper yang satu ini udah gak bisa dikesampingkan ya ^^.

Overall, lagunya lumayan easy listening untuk ukuran HipHop-EDM, dan meskipun Chanyeolnya sepercik, tapi pastilah mau gak mau jadi fokus buat dengerin dia ngomong Korea di antara stormy rap in English.

Lagu ini cocok diputer pas kamu lagi jenuh, tempo EDMnya lumayan bikin kamu joget joget gak jelas dan kembali semangat, I swear!

Reference and Photo Credit :
http://www.billboard.com/articles/columns/k-town/7541034/far-east-movement-freal-luv-video-identity-album-exclusive
http://www.youredm.com/2016/10/12/new-collab-marshmello-far-east-movement/
http://style.tribunnews.com/2016/10/14/lagu-chanyeol-exo-ft-far-east-movement-netizen-dibikin-bingung-dengan-lirik
http://genius.com/Far-east-movement-and-marshmello-freal-luv-lyrics
http://www.allkpop.com/article/2016/10/far-east-movement-reveals-teaser-image-for-collaboration-with-exos-chanyeol

– Lemon Popsicle, when your life is sweet and sour, just add music to make it perfect –

Leave a Reply

