[ Popsicle No. 5 | Green Day – Still Breathing ]

gd-1

Rilis pada hari Kamis, 22 September 2016, lagu baru Green Day untuk album ke 12 mereka, Still Breathing, sukses ‘dinobatkan’ sebagai lagu inspirasional oleh beberapa situs music internasional. Still Breathing hadir membawakan nuansa yang jauh berbeda dari dua lagu dari album ke 12 mereka yang telah dirilis terlebih dahulu, Revolution Radio dan Bang Bang, karena Billy Joe Armstrong sendiri melabeli Still Breathing sebagai lagu yang ‘berat’, meskipun kenyataannya musik yang dihadirkan memang jauh lebih sederhana daripada Bang Bang.

Lagu ini diawali dengan permainan gitar sederhana tanpa alunan drum, dan suara mas Billy Joe yang terdengar agak malas – malasan, menurut gue, akan tetapi malah membuat feels dari lagu ini begitu terasa. Apalagi lirik awalnya mendeskripsikan anak kecil yang menatap langit dan ambulans yang menyalakan sirene (yang artinya ada keadaan gawat darurat di dalam ambulans itu) dan lirik berikutnya berbunyi “Oh, I’m still alive” rasanya sudah cukup mendeskripsikan mengapa lagu ini dinobatkan sebagai lagu inspirasional. Belum lagi di part berikutnya, mendeskripsikan tentang kondisi tentara yang pulang ke rumah untuk pertama kalinya setelah menghindar dari peluru dan ladang ranjau, yang menurut gue, akan membuat siapapun (yang mikirnya kejauhan kayak gue) bakalan tersadar dan bersyukur masih punya kesempatan hidup untuk lebih baik.

Dan sejujurnya yang membuat gue sampai terkagum kagum sama mas Billy Joe adalah part reffnya. Liriknya sangat-sangat simple cuman mengulang bagian “Cause I’m still breathing. ‘Cause I’m still breathing on my own. My head’s above the rain and roses. Making my way away. My way to you” , tetapi feelnya itu nyess banget. Apalagi kalau kalian meresapi baik-baik di part sebelum reff yang menggambarkan tentang kondisi tentara itu, membuat kalian setidaknya bicara sama hati nurani, bahwa seberat apapun kehidupan, setidaknya kita masih bernafas dan mencoba meyakinkan diri sendiri kalau kita masih baik baik saja, meskipun sebenarnya banyak pertentangan di kepala, bagaimana sebaiknya kita memandang problem kehidupan, but at least, kita masih hidup (karena ciri kehidupan adalah bernapas guys).

Setelah reff, penggambaran ‘kondisi berat’ lainnya juga tidak kalah ‘berat’ dengan versi pertama, dimana mas Billy ini menyanyikan “I’m like a junkie tying off for the last time. I’m like a loser that’s betting on his last dime” kemudian “I’m like a son that was raised without a father. I’m like a mother barely keeping it together” . Gue gak begitu yakin soal kenapa Mas Billy Joe memilih isu isu yang biasanya ada disekitar kita, seperti pemakai narkoba, penjudi, dan single parent problem, akan tetapi kondisi ini disampaikan dengan apik, dan masih nyambung dengan konsep “at least I’m still breathing and alive!”

gd-2
Di bagian interlude, liriknya juga gak kalah angst, apalagi di part “Are you scared to death to live?” yang menurut interpretasi gue, seolah menyindir para ‘pencundang’ yang selalu mencoba menghindar dari problem hidup, karena esensi dari hidup itu sendiri adalah menghadapi masalah yang sebegitu banyaknya. Kemudian di part – part berikutnya, “I’ve been running all my life. Just to find a home that’s for the restless. And the truth that’s in the message. Making my way, away, away” , yang menurut interpretasi gue lagi, menggambarkan kalau yang namanya hidup, isinya adalah berlari. Baru kelar masalah A, eeeh masalah B udah melambai cantik aja depan mata. Lari dari satu masalah ke masalah lain hanya mencoba mencari yang namanya ketenangan hidup. Tapi asli yang kaya begitu gak bakal kejadian sampai kita ada di rumah terakhir kita, alias akhirat. Karena memang sebenarnya kunci dari hidup itu adalah membuat ‘jalan’ kita sendiri, entah bagaimana caranya, menuju ‘rumah’ terakhir kita dengan menghadapi masalah bukannya cari solusi dengan gamau hidup bermasalah (berasa tagline BUMN yaa XD)

Lagu ini kemudian diakhiri dengan part “My way to you” yang membuat gue tersenyum puas di akhir lagu dan menggangguk kepala sok setuju dengan situs situs musik internasional yang ‘menobatkan’ Still Breathing sebagai salah satu lagu inspirasional dari Green Day.

Lagu ini amat sangat cocok, buat kamu yang sedang sumpek sama masalah masalah kamu dan sekedar mengingatkan diri sendiri untuk bersyukur, karena seberat apapun masalah kamu, bersyukurlah ’cause I’m still breathing, still breathing on my own.

Referensi :
http://www.ew.com/article/2016/09/23/green-day-still-breathing
http://www.billboard.com/articles/columns/rock/7518757/green-day-still-breathing-inspirational-anthem-listen
http://www.rollingstone.com/music/news/see-green-days-lyric-video-for-resilient-still-breathing-w441711

– Lemon Popsicle | If your life is sweet and sour, just add music to make it perfect –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s