[Popsicle No. 4 | VAMPS – Inside of Me]

vamps-1

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya single terbaru VAMPS yang berjudul Inside of Me, sudah bisa didengarkan secara streaming di situs Spotify. Dan gue sendiri kurang begitu paham soal strategi marketing untuk single ini, dikarenakan single ini sudah dirilis secara digital di Jepang, mulai 29 Juli lalu, tetapi rilisan dalam bentuk fisik malah baru dirilis per 31 Agustus lalu. Kemudian single tersebut baru tersedia secara digital di internasional sekitar pertengahan September bagi pengguna Spotify. Mengingat single UVERworld – WE ARE GO / ALL ALONE juga merilis dalam bentuk fisik terlebih dahulu baru versi digital, sehingga ada kemungkinan perubahan peraturan soal hak cipta di Jepang sendiri atau memang murni strategi marketing.

Di single ini VAMPS berkolaborasi dengan Chris Motionless, vokalis dari band metalcore Motionless In White pada lagu titel Inside of Me. Sedangkan di lagu kedua dari single ini, Rise or Die, VAMPS berkolaborasi dengan gitaris dari industry metal Jerman, Richard Z. Kruspe, yang membantu menuliskan lirik dan melodi untuk gitar. Single ini diproduseri oleh produser kenamaan asal Amerika, Howard Benson, yang tentu saja menaikkan ekspektasi gue soal single ini.

vamps-2

Inside of Me

Dari bagian intro, rupanya ekspektasi gue berbanding lurus dengan realita. Lagunya sudah sangat menjanjikan bahkan di menit menit awal, dan pas bagian tepat sebelum Hyde nyanyi, dimana gitarnya terasa metal banget, gue sempet nge-pause lagu, sambil ngecek bolak balik kalo ini lagu beneran VAMPS yang rilis XD. Dan di detik berikutnya gue masih was-was ini suara Hyde apa bukan karena liriknya full English. Cuman dilihat dari cara ambil nafas pas nyanyi, oke akhirnya gue yakin ini Hyde yang nyanyi. Meskipun begitu, aura kolaborasinya kerasa banget karena baik ritme drum, bass, (apalagi) gitar, banyak dipengaruhi sama metal, yang jadinya super duper ekstra cocok sama Hyde.  Inti liriknya juga memang benar – benar to the point, menceritakan soal monster di dalam diri kita,

Bagian yang cukup addict adalah pas part Hyde nyanyi “Can you stay, stay away” karena kalau di dengarkan lebih teliti, melodi gitarnya metal abis XD dan untuk ukuran gue yang gak begitu ngeh sama music metal (gue dengerin metal cuman The Gazette doang elah XD, Metallica lumayan asal screamnya gak terlalu banyak), ini rasa metalnya cukup kuat. Dan di part sehabis reff ke dua, dimana ada scream juga sangat memperlihatkan konsep “Monster Inside of Me”, ditambah Hyde yang teriak semi putus asa “I’m a monster” bikin feel lagunya kerasa banget.

Kalo soal PV, jujur gue gak lihat, karena liat thumbnail video PVnya Hyde terlihat pake taring vampir dan gue gak berani liat video creepy gitu, tapi gue malah dapet link performance Inside of Me di Beast Party mereka kemaren, dan gue main play aja tanpa mikir lagi XD. Gue pikir, dengan konsep yang agak serem ini, Hyde bakal lebih atraktif di stage, tapi nyatanya malah gue cengo sendiri karena Hyde ‘hanya’ joget joget ala kadarnya sambil mondar mandir stage dengan topless!! Dan celananya juga semacem kain asal jadi celana, mana warnanya putih gitu bikin gue nyaris salah fokus sepanjang lagu. XD.

Lagu ini cocok buat kamu yang sedang dikejar deadline XD. Eh serius, soalnya kalo deadline kita kan butuh music yang cukup keras biar tetap semangat dan sekaligus mengingatkan hey, monster is inside of me!

P.S Jangan coba coba dengerin pas lagi marah – marah :p

Rise or Die

Tidak berbeda jauh dari lagu titelnya, Rise or Die juga sudah memenuhi ekspektasi gue di bagian intronya. Melodi gitar dan bassnya cukup memikat, ditambah vocal Hyde yang super ngebass, membuat gue speechless sesaat, hanya saja pas part Hyde nyanyi “Go hard, go bunk” sampai part “So long, I’m done”, pronounce Hyde agak mirip dengan lagam ngaji, jadinya gue agak mesem mesem sendiri XD. Dan jujur bass yang mengiringi di part “Go, lead me to light” agak kurang terdengar di versi aslinya, yang menurut gue, cukup bikin nagih soalnya, jadi kesimpulan akhirnya gue harus dengerin bassnya di versi livenya.

Masuk ke part terfavorit dari lagu Rise or Die ini a.k.a part reff, dimulai dengan chant Yeah! Yeah! Yeah! Dan disusul dengan tagline “We will rise! (Rise or Die)”, part antara Hyde dan backing vokalnya cukup adil, sekalimat ewang (masing – masing), juga adanya kata yang berbahasa jepang yang dinyanyikan oleh back vocal (meskipun gue gak ngeuh).

Melodi gitar setelah reff yang pertama agak mirip dengan lagu metal pada umumnya, dan tadinya gue pikir di bagian ini gak ada unsur kejutan yang berarti sampai Hyde bisik bisik seksi di part “Japanese Vampire” yang dengan sukses membuat gue klepek klepek XD. Part favorit gue setelahnya adalah part setelah Hyde nyanyi “I know you like it loud” sampai ending lagu, karena melodi gitarnya sukses bikin gue cengo pengen niru, ritme drumnya yang bikin chantnya makin ngefeel (karena di bagian ini chantnya cukup banyak) dan diakhiri oleh “Yeah, yeah, yeah”nya Hyde yang mendesah (whoops).

Selesai play lagunya, gue beralih ke versi livenya yang kebetulan dibawakan mereka saat Beast Party kemaren. Dan sesuai dugaan gue, bassnya lebih terdengar di versi live daripada di versi asli, sehingga gue lebih suka versi livenya (bukan karena celana Hyde yaa bukan), apalagi chantnya juga sangat kerasa karena fans ikutan nge chant sambil angkat tangan semacem kalo lagi di absen.

Lagu ini cocok buat kamu yang lagi planning ide gila, mau presentasi, atau mau mencoba berpikir out of the box, because “We will rise. Rise or die”

Reference and Photo Credit :

https://www.jrocknews.com/2016/07/vamps-to-release-single-inside-of-me-ft-guitarist-of-rammstein-chris-motionless.html

– Lemon Popsicle | When your life is sweet and sour, just add mucis to make it perfect –

Leave a Reply

