[Popsicle No. 2 | Yellowcard – The Hurt is Gone]

Hai guys, di journal yang kedua ini, gue mau bahas soal Yellowcard!!!!

Lewat lagunya yang berjudul The Hurt is Gone ini, akan menandai akhir dari band ini. Yellowcard sendiri mengumumkan bahwa album mereka yang rilis 30 September mendatang, merupakan album terakhir mereka. Yellowcard akan resmi bubar setelah perilisan album dan farewell tour mereka di US dan Inggris berakhir.

Kecewa? Banget.

Meskipun gue sendiri bukan fans fanatik Yellowcard, tapi ada beberapa lagu dari Yellowcard yang nyangkut di kepala gue (meski kebanyakan emang the best of Yellowcard song sih). Cukup disayangkan kenapa mereka memilih bubar karena lagunya ear catchy dan liriknya juga cukup berkesan.

Balik lagi soal The Hurt is Gone.

Lagu ini, menurut gue, layaknya sneak peek untuk album terakhir mereka. Official MV sudah rilis pada tanggal 17 Agustus 2016, dan beberapa pengguna layanan music streaming (dibaca Spoti*y) juga sudah bisa mendengarkan lagu ini. Dan kesan gue pas pertama kali denger kaya ‘ya ampun, ini lagu kok ga ada unsur surprisenya sih?’ , ya gimana gue gak mikir ke arah situ, dari awal lagu cuman beberapa kunci ‘sederhana’ yang diplay, tuningnya juga umum (ini gue lihat pendapat orang yang suka cover gitar ya). Cuman, gue gak menyerah untuk stop lagu di tengah tengah dan switch ke lagu lain (pengguna layanan music streaming pasti ngerti gimana rasanya ngeplay lagu yang boring). Dan gue loop beberapa kali sampe akhirnya gue ketagihan ngeloop ampe 4 jam lebih. Yap, kunci yang ‘sederhana’ itu justru bikin gue ketagihan ngeloop. Musiknya juga bener bener sederhana, drum sama bassnya gak ada yang terlalu menonjol, tapi justru malah bikin ketagihan. Dan akibat ‘fake ending’ ,dimana tempo udah melambat eeh malah reff di play sekali lagi, inilah yang malah bikin gagal move on ke lagu lain.

Setelah gagal move on dengerin lagunya , tentu gue punya ekspektasi tinggi buat MV nya. Dan setelah gue play MV sekitar 1 menit, gue pun berkesimpulan ‘ini videonya boring abis sumpah’. Dan alhasil gue pindah ke kolom komentar dan rata-rata pada komentar kalo MVnya payah bgt, ga sesuai sama lagunya (yang rata rata pada komentar kalo lagunya lumayan). Dan anehnya cukup banyak juga yang menghujat lagu ini yang katanya gak Yellowcard banget, atau lagunya boring. Tapi ya, balik lagi soal selera sih yah, toh pas gue scroll lagi ke bawah, gak sedikit juga yang ngasih feedback positif kaya misalnya ini lagu emang tepat bgt sebagai farewell songnya Yellowcard sendiri, ato cukup memuaskan untuk ukuran sneak peak dan sebagainya.

Lirik lagunya sendiri juga gak begitu ribet, dan puitis, bahkan Alhamdulillah, tanpa bantuan Google Translate, sebagian besar liriknya gue paham. Intinya sih yaa buat berani keluar, karena sakitnya udah pergi (XD, sorry). Yang bener adalah, kita harus berani untuk mencoba bangkit lagi, keluar dari zona nyaman kita pas kita udah ketemu penyebab ‘sakit’ itu. Kita emang butuh waktu untuk ‘sembuh’ tapi bukan berarti kita jadi takut untuk mencoba out of the box.

Terlepas dari MVnya yang iyuwh –‘ atau kunci gitarnya yang ‘sederhana’ , lagu ini cocok untuk masuk di playlist pagi hari karena liriknya yang ‘dalem’

Oke guys, gak bisa banyak pembahasan yang bisa gue sampaikan, karena pemahaman musik gue masih ga ada apa apa nya, semua pure gue aja yang googling sana sini T T . Mohon maaf dan jangan takut untuk tegur gue jika kalian menemukan fakta yang gak bener, atau guenya sotoy, its okay.

See you on next popsicle 😀

Sumber :
https://www.punknews.org/article/61107/media-yellowcard-release-lead-track-from-upcoming-album
https://www.punknews.org/article/61618/videos-yellowcard-the-hurt-is-gone
https://www.punknews.org/article/61133/breakups-yellowcard-announce-plans-to-split-up-after-new-album-tour

– Lemon Popsicle, When your life is sweet and sour, just add music to make it perfect –

Leave a Reply

